Pengalaman Ujian SIMAK UI : Exercise is important!

Akhirnya ikut juga ujian SIMAK UI, ya hari ini tadi siang tanggal 4 juli gw ikut ujian SIMAK UI sebagai syarat untuk melanjutkan kuliah S2 di UI. Di luar perkiraan ternyata soal-soal TPA dan Bahasa Inggrisnya bikin gw keleyengan :( I found my self in a lackness of excercises…

Di soal TPA, compare to the test 5 years ago, when i was taking it for job recruitment purpose, yang ini memang lebih menantang. Mungkin juga karena memang gw yang kurang latihan. Sessi pertama dan ketiga, padanan kata dan logika, insya alloh bisa gw kerjain hampir semua, dilewat beberapa karena kalo salah -0,2. Cuma pas di sessi aritmetika dari 30 soal gw kerjain 19, padahal sebelumnya gw yakin sessi ini, apalagi pas awal2 cukup lancar. Entah apa yang bikin gw penasaran sama soal yang justru menghabiskan waktu, sigghhh…

Test kedua adalah bahasa inggris, yang bikin pening disini adalah banyaknya soal-soal berdasarkan artikel, ditambah lagi waktu yang terpotong 10 menit karena sepertinya ada miss-com dengan pengawas sebelumnya. Kembali di bagian ini yang diperlukan adalah latihan men… latihan…

Dari kejadian ini gw simpulkan, preparation is important, especially exercise. Yang pasti gw ngambil hikmah dari kepeningan tadi, jangan pernah berhenti mengasah kemampuan, di segala bidang, termasuk kemampuan yg paling dasar sekalipun seperti apa yg diwakili dalam TPA. Seringkali kita tenggelam untuk tidak mengasah kemampuan karena pekerjaan melenakan kita, yaa sangat sulit untuk tidak diakui pekerjaan membuat gw terjebak di zona aman, yg sebetulnya perlu dipertanyakan arti kata aman itu sendiri.

Dari sekarang gw harus out of the box, change my mind untuk berubah, jd yang lebih baik tentunya… Gw gak boleh lagi terjebak di zona “aman”, we are commiting to our career not our job, and career need continous self-improvement to reach its peak. Inspired dari bukunya renee suhardono :)

Kembali ke SIMAK UI, meski dengan kondisi ujian yg stressful, gw tetep berharap untuk bisa lulus dalam ujian ini. Yeahhh, semoga… Since i believe this is one of my path to success… Insya alloh…

About ariftor

A not so fat indonesian young man who's trying to be more practical than ever
This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

4 Responses to Pengalaman Ujian SIMAK UI : Exercise is important!

  1. orange says:

    Simak UI S2, sampe kampus di palang..: )
    Awal agustus mo Simak UI S1 ekstensi..
    Thx for the tips..

    itu bener kalo salah min?…haduhh..

  2. ariftor says:

    alhamdulilah lulus jg euy :) wah good luck ya… iya bener utk TPA kalo bener +1 kalau salah -0,2 kalo gak salah :D

  3. ari says:

    wah… pinter2 yah.
    aku baru mau rencana. doakan semoga dimudahkan ya…
    Good luck for everyone..

Leave a Reply

