Ayo Menabung

Sejak SD kita sudah diajarin untuk menabung, masih inget guru sebelum ngajar selalu mengumpulkan ayo siapa yang mau nabung :P Dan ternyata memang maksud dari kegiatan itu sangat terasa saat kita sudah memiliki penghasilan sendiri.

Hal yang sangat sederhana ini ternyata sulit sekali dilakukan, padahal harusnya menjadi sesuatu yang mudah dilakukan. Yang diperlukan adalah disiplin (lagi, hal yang diajarkan sejak SD). Saya termasuk orang yang memiliki disiplin kurang selama ini dalam hal yang satu ini.

Tulisan ini sengaja buat memotivasi diri saya buat disiplin mulai sekarang menabung. Banyak buku dan artikel dibaca tentang menabung, dari sejak kuliah, tapi eksekusinya sangat kurang sekali. Ya menyisihkan 10%-30% dari penghasilan untuk ditabung harusnya bisa dilakukan siapa saja.

Dengan adanya bank syariah sekarang tidak perlu lagi khawatir dengan riba, bahkan kata orang2 nabung di bank syariah hasilnya lebih baik dari bank konvensional. Komitmen saya untuk menabung dimulai dengan membuka rekening di salah satu bank syariah, dengan menyisih 30% dari penghasilan. Semoga bisa disiplin untuk tetap menyisihkan sejumlah prosentase tersebut untuk ditabung.

Memang paling baik untuk memotivasi menabung adalah memiliki tujuan, mengapa kita harus menabung? Setiap orang memiliki jawaban sendiri atas pertanyaan ini. Saya sendiri menetapkan tujuan menabung untuk modal usaha kelak. Kenapa usaha? Ya, mungkin sudah pada tau semua, zaman terus berputar, perubahan tiap detik terjadi, dan yang paling tepat dilakukan kita saat ini adalah memiliki kendali atas hidup kita sendiri. Selain itu hasil dari usaha kita kan bisa ditabung lagi, maksudnya supaya beranak pinak, aminnn… Harapannya bisa tercapai lebih banyak lagi tujuan.

Saat ini yang menjadi topik hangat adalah usaha dan investasi, tapi ingat untuk itu kita harus memiliki fondasi yang kuat yaitu melalui menabung salah satunya :)

Jadi, ayooo kawanss… mari kita menabung

About ariftor

A not so fat indonesian young man who's trying to be more practical than ever
This entry was posted in Menuju Sejahtera and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s