CCIE# 46711 Service Provider

Alhamdulillah, tanggal 1 Februari 2015 kemarin akhirnya saya terima email menggembirakan dari Cisco, nomor cantik itu akhirnya datang juga, yap CCIE# 46711 Service Provider.

Tanggal 1 Febuari 2015 adalah attempt kedua saya untuk Lab Exam. Attempt pertama diambil tanggal 10 Desember 2014 di Sydney, Australia. Sedangkan attempt kedua diambil di Hong Kong. Alhamdulillah keduanya disponsori kantor.

Pada attempt pertama, saya tiba di Sydney sekitar pukul 06.00 A.M. tanggal 9 Desember 2014 waktu Sydney, dimana waktu Sydney lebih dulu 4 jam dibanding Jakarta, berarti waktu itu jam 02.00 A.M. waktu Jakarta. Tiba di Hotel Park Regis Concierge, di Cremorne, sekitar jam 09.00 A.M. dan belum bisa check in. Setelah tanya resepsionis mengenai transportasi di Sydney, dengan modal beli kartu Opus, saat itu diputuskan untuk survey lokasi ujian di Cisco Systems, St. Leonards, persis di stasiun St. Leonards. Butuh sekitar 15-20 menit dari Park Regis, Cremorne sampai ke tujuan dengan menggunakan bis. Setelah ketemu resepsionis Cisco dan berbincang sebentar memastikan lantai dan persyaratan ID yang diperlukan untuk besok selanjutnya balik ke hotel untuk persiapan.

Setelah check in, dimulailah persiapan terakhir untuk exam, melakukan full lab. Cara ini pada akhirnya saya rasa tidak efektif, karena membuat lelah, bahkan sebelum ujian dimulai. Full lab saya mulai jam 12.00 dan berakhir jam 21.00. Keluar sebentar untuk makan di Sushi Train, dan kembali untuk tidur. Tidak lupa pasang alarm keras-keras sekitar jam 05.00 A.M. waktu setempat, takut kesiangan karena faktor jam biologis.

Ujian dimulai agak terlambat, karena proctor Mr. Roman kena macet, sekitar jam 09.30, dari seharusnya jam 08.30. Pada saat itu ada kandidat lain juga yang ambil exam, dari Deakin University, Melbourne, dia attempt kedua untuk Routing & Switching.

Lab dimulai, semua berjalan lancar, sampai akhirnya ketemu soal multicast. Setelah cek IGP, MPLS LDP, dan PIM neighbor, ternyata masih belum bisa ping ke seluruh group address. Akhirnya soal ini saya skip dan lanjut ke section berikutnya. Oh iya, untuk lab exam CCIE Service Provider seluruhnya ada 4 section yang terdiri dari Implement, Optimize, and Troubleshoot Core Technologies, Edge/Access Techonologies, Layer 3 VPN, dan Layer 2 VPN. Section 2 tidak ada masalah. Section 3 juga hampir tidak ada masalah, Carrier Supporting Carrier verified, yang bisa dibilang soal-soal sebelumnya juga berhasil. Tapi kembali pas ketemu soal Intra-AS Multicast VPN bencana itu datang. Sama dengan di section 1, tidak bisa ping ke beberapa group address, padahal di soal harus bisa ping ke seluruh group address.

Di tengah pengerjaan, tepatnya setelah istirahat saya sempat ngalamin hal yang bikin deg-degan juga, dimana lab saya tiba-tiba tidak bisa diakses. Setelah minta bantuan proctor, dia bilang devicenya mati, ada seseorang yang coba akses ke lab dan gak sengaja mematikan devicenya, beruntung sudah sempat disave. Proctor menyalakan kembali service di lab tersebut dan beruntung semua konfigurasi masih pada tempatnya.

Saya selesai seluruh lab dengan waktu tersisa sekitar 1,5 jam lagi, dan masih mentok di multicast section 1 & 3. Yang saya lakukan selanjutnya adalah menghitung prediksi skor yang akan saya peroleh dengan kondisi yang ada. Berdasarkan prediksi saya waktu itu, dengan stuck di soal multicast skor optimis saya adalah 90% dan skor pesimis saya 82%. Karena tidak ada pencerahan, akhirnya saya keluar ruangan mengakhiri lab dengan waktu tersisa 30 menit lagi.

Sekitar jam 19.00, tepat saat makan malam tiba, saya dapat email dari Cisco, jreng…jreng… Luar biasa deg-degan. Setelah dibuka link yang mengarah ke lama Cisco Certification Support, muncullah tulisan “Fail”, seketika jadi tidak semangat melahap makan malam. Overall skor saya 77%, jauh dibawah prediksi saya.

Pulang dari Sydney, pas tugas ke Telkom Japati Bandung, saya lihat ada buku tebal sekali judulnya CCIE Troubleshooting IP Networks. Saya pinjam buku itu semalam, dan saya baca di Hotel, dan alhamdulillah saya temukan jawaban mengapa multicast saya gak jalan, simplenya saya kurang command “mpls traffic-eng multicast-intact” pada router yang jadi DR, dimana routing ke arah router RP dari router tersebut melalui tunnel MPLS-TE. Kemudian saya coba di simulator, dan violaaa jalaaaannn multicastnya bisa ping ke seluruh group address. Setelah itu saya buka laman CCIE, dan cari jadwal lab terdekat, dan akhirnya dapat jadwal tanggal 1 Februari di Hong Kong, tanpa pikir panjang langsung book. Kebetulan hari minggu, jadi gak bolos-bolos amat dari kerjaan.

Sebelum berangkat ke Hong Kong, H-3 sampai H-2 saya nginep untuk ngelab di markas ID Networkers di Slipi, ditemani sama mentor Mas Anshori dan kandidat lainnya Mas Susanto. Banyak diskusi dan drill-drill untuk mematangkan strategi. Pulang dari IDN, komputer yang dipinjam dari kantor untuk lab saya pasang TeamViewer supaya bisa diremote dari Hong Kong, dan kamar komputernya pesen ke istri untuk dikunci supaya komputernya gak dipake untuk nonton My Little Pony di Youtube sama anak-anak :)

H-1 saya sampai di Hong Kong, nginep di Hotel Bonaparte di Wan Chai, tinggal jalan kaki 15 menit sampai ke tempat ujian yang juga di Wan Chai. Berbeda dengan waktu attempt pertama di Sydney, meskipun sudah disiapin TeamViewer, pada akhirnya tidak terlalu banyak digunakan, karena hanya dilakukan review sebentar, takut kelelahan karena full lab seperti di Sydney terulang. Sore harinya saya sempatkan lari di Victoria Park, banyak kawan-kawan pejuang devisa disana.

Tepat jam 8.00 pagi waktu Hong Kong ujian dimulai, nama proctornya gak inget karena nama lokal Cina. Yang ujian barena ada sekitar 6 orang, dan semuanya engineer yang masih muda-muda sekali dari Cina / Hong Kong. Alhamdulillah section 1 bisa diselesaikan dengan mulus, termasuk bagian Multicast. Section 2 sama seperti di Sydney tidak menemui kendala berarti. Di section 3 hampir saja bermasalah kembali dengan Intra-AS multicast VPN, alhamdulillah karena lebih teliti dalam mengerjakan akhirnya bisa solved juga. Section 4 juga seluruh soal berjalan mulus, termasuk VPLS.

Sisa waktu sekitar 2 jam lagi, tidak mau kejadian Sydney terulang, saya lakukan verifikasi satu per satu dari awal sampai akhir seluruh section. Setelah yakin lab saya akhiri dengan sisa waktu 45 menit. Kembali ke Hotel, shalat jamak takhir dzuhur dan ashar, saya lanjutkan untuk keliling menikmati Hong Kong, sambil menunggu email dari Cisco. Jalan-jalan ke Shim Sha Sui, puter-puter, akhirnya email datang sekitar jam 08.00 waktu setempat, persis perkiraan Mas Gede Widagdo yang memperkirakan kalo gak jam 19.00 berarti jam 21.00, dan ini datang diantaranya. Pas dibuka link Cisco Cert Support, akhirnya ada tulisan “Status: Certified” CCIE# 46711, alhamdulillah… Jalanan Shim Sha Sui yang rame berasa milik sendiri, hahaha… Dilengkapi laser show yang datang dari Avenue of Stars seolah ikut merayakan kedatangan nomor cantik.

Alhamdulillah, puji syukur kepada Allah SWT, terima kasih tak terhingga terutama untuk almarhumah ibu, yang dengan perjuangannya sebagai PNS rela berkorban menyisihkan penghasilan untuk membiayai kursus dan sertifikasi CCNA pertama saya tahun 2004 yang menjadi pintu masuk saya terjun ke dunia networking. Semoga ibu menjadi ahli surga, aamiin… Terima kasih juga untuk team dan temen-temen IDN khususnya Mas Anshori, yang alhamdulillah seminggu kemudian mendapat nomor cantik juga. Serta kepada seluruh temen-temen yang mensupport baik temen kantor di Sigma maupun di Telkom, juga temen-temen kuliah dulu. Semoga ilmunya dapat bermanfaat.CC

About ariftor

A not so fat indonesian young man who's trying to be more practical than ever
This entry was posted in Certifications and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s